Finch

Buah JERPAYA (Jeruk-Pepaya) Memiliki Beragam Rasa Dan Khasiat

britazone.blogspot.com - Ada satu jenis buah jeruk yang memiliki banyak khasiat sebagai obat herbal. Buah jeruk tersebut dikenal dengan bentuknya yang besar dan seperti pepaya. Maka dari itu jeruk ini disebut sebagai Jerpaya (jeruk-pepaya). Di dunia kuliner, jenis jeruk ini lebih populer dengan nama jeruk sukade. Sejak jaman dulu, banyak orang yang menggunakan kulit jeruk ini sebagai manisan. Karena namanya jeruk sukade maka manisan tersebut juga dinamakan manisan sukade.

Varietas jerpaya sebagian besar memiliki rasa manis dan kaya akan vitamin C dan anti oksidan. Untuk khasiatnya sangatlah banyak, mulai dari daun, daging buah, bahkan sampai kulit buahnya pun memiliki khasiat. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

KHASIAT DAUN
Daun jerpaya sebenarnya dapat dimakan langsung. Untuk rasanya seperti menthol dan Jeruk. Apabila kita sedang menderita sakit tenggorokan, batuk, asma, paru-paru dll maka sangat baik untuk mengkonsumsi daun dari jerpaya. Untuk menyajikannya bisa diremas/diiris kecil kemudian dimasukkan dalam air panas satu gelas seperti menyeduh teh. Minuman daun jerpaya ini sangat nikmat seperti sirup jeruk dan baik diminum waktu panas atau dingin, maka jadilah minuman yang menyegarkan dan menyehatkan.

KHASIAT KULIT BUAH
Seperti penjelasan diatas, kulit dari jerpaya bisa dimanfaatkan sebagai manisan yang menyegarkan dan berkhasiat sebagai obat sariawan dan panas dalam.

KHASIAT DAGING BUAH
Rasa jerpaya memang seperti rasa pepaya. Namun apabila dipotong kecil kecil akan seakan rasa jerpaya memiliki 13 rasa yang berbeda. Rasa tersebut seperti bercampur dengan rasa apel, rasa mangga, rasa melon, rasa jambu, rasa bengkoang dll. Subhanallah maha kuasanya Allah SWT.


Ukurannya buah jerpaya memang sangat besar, dapat mencapai panjang 25 cm dengan diameter 10 cm. Keunikan inilah yang membuat banyak orang tertarik menanam buah ini.
Lebih baru Lebih lama